Skip to main content

PRODUK JURNALISTIK

Produk Jurnalistik 


   A. Pengertian Berita
Berita berasal dari Bahasa sansekerta, yaitu Vrit ( persamaan salam Bahasa inggris dapat dimaknai dengan write ) yang artinya “ ada “ atau “ terjadi ”. sebagian ada ada yang menyebutnya dengan vritta, artinya kejadian atau peristiwa yang telah terjadi. Vritta dalam Bahasa Indonesia berarti berita atau warta .

  1. KBBI
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita dapat diartikan sebagai sebuah cerita ataupun keterangan yang memuat informasi mengenai berbagai kejadian ataupun peristiwa yang hangat.
  1. Anonimous
Berita merupakan laporan peristiwa (fakta) yang disertai dengan pendapat (opini) yang bersifat aktual, penting, dan juga menarik. 
  1. Anonimous
berita merupakan informasi baru yang ditampilkan/disajikan dalam pembacaan/penulisan yang jelas, menari, dan juga aktual.

B. Jenis Berita 

1. Hard News 
adalah berita tentang peristiwa yang dianggap penting bagi masyarakat baik individu, kelompok maupun organisasi. hard news tergolong tergolong berita langsung, sama halnya dengan straightnews dan spotnews. aktualitas merupakan unsur penting dari berita langsung. 
misalnya pada berita tentanglangkah pemerintah untuk memberlakukan suatu kebijakan yang baru. 

2. Soft News 
berita yang tidak terikat dengan aktualitas namun memiliki daya tarik bagi pemirsanya. berita seperti ini sering kali menitik beratkan pada hal - hal yang dapat menakjubkan atau mengherankan pemirsa. 
dengan kata lain, dapat langsung menyentuh emosi embaca, misalnya keterharuan, kegembiraan, kegemaran, kelucuan dll. Contoh Soft News 

3. Indepth News 
adalah berita yang memfokuskan pada peristiwa dan atau pendapat yang mengandung nilai berita. berita mendalam menempatkan fakta dan atau pendapat ada suatu mata rantai laporan berita dan mereflesikan masalah konteks yang lebih luas. seerti berita komprehensif maupun berita interpretatif. 

C. Nilai Berita 
- Aktual
- Keluarbiasaan
- Akibat 
- Kedekatan 
- Informasi 
- Konflik 
- Orang penting
- Kejutan
- Ketertarikan 
- Seks  



REFERENSI 
Suryawati,indah. 2011. Jurnalisme suatu Pengantar '' Teori & Praktik.Bogor:Galiha Indonesia 

https://pengertiandefinisi.com/pengertian-berita-unsur-berita-dan-syarat-berita/

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Soft News

SOFT NEWS Mengharumkan Pasar Kosambi dengan Aroma Kue Unik Khas Betawi  Kue ape merupakan jajanan khas dari Jakarta. Bentuknya menyerupai pancake, bahan dasarnya adalah tepung terigu dan jajanan ini juga lebih enak di makan saat masih hangat, digoreng di wajan mungil dengan warna hijaunya yang mencolok. Tidak disangka kue ini benar – benar di minati di kota bandung khususnya di daerah Jl. Jendral Ahmad Yani No.221-223, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat . Salah satu penjual Kue Ape adalah Bapak Adin yang setiap harinya berjualan di pasar Kosambi. Bapak Adin sudah bejualan di pasar kosambi selama 1 tahun lamanya dengan jam berjualan sekitar pukul 9 pagi sampai jam 5 sore dengan gerobak dorongnya. Dalam sehari beliau dapat mengumpulkan omset sebanyak 200 ribu. Notabennya Bapak Adin sendiri sebenarnya adalah orang Tasikmalaya, kemudian teman   yang asli dari Jakarta mengajari Beliau   dalam membuat Kue Ape ini. Dalam sehari Bapak Adin dapat mem

HOUSE JOURNAL

House Journal  A.    Latar Belakang House Jurnal House jurnal adalah salah satu bentuk media komunkasi public relation yang paling tua. Orang amerika menjadi pionir dalam pembuatan media ini. Ini merupakan majalah yang diterbitkan secara khusus untuk kalangan terbatas. B.     Bentuk House Journal 1.   The sales of bulletin : sebuah bulletin sebagai media komunikasi regular antara seorang sales dan meneger dengan salesmennya di lapangan. Terbit secara mingguan. 2.   The newsletter : berisi pokok – pokok berita yang diperuntukan bagi pembaca yang sibuk. 3.   The magazine :berisi tulisan berbentuk feature, artikel dan gambar, foto, diterbitkan secara bulanan atau triwulan. 4.   The tabloid newspaper : mirip surat kabar popular dan berisi pokok berita yang penting, artikel pendek, dan ilustrasi. Diterbitkan mingguan, dwimingguan, bulanan, atau setiap dua bulan sekali. 5.   The wall newspaper : bentuk media komuniasi staf disuatu lokasi pabrik, perusahaan, ata

ETIKA PROFESI PUBLIC RELATION

Etika Profesi Public Relation 1.      Prinsip Etika Profesi Kerap ( 1998 ) mengatakan prinsip tanggung jawab adalah salah satu prinsip bagi kaum professional. Bahkan sedemikian pokoknya sehingga seakan tidak harus lagi dikatakan. Bertanggung jawab atas dampak profesinya itu terhadap kehidupan dan kehidupan orang lain, khususnya kepentingan orang – orang yang dilayannya. Prinsip kedua adalah prinsip keadilan. Prinsip ini terutama menuntut orang yang professional agar dalam menjalankan profesinya ia tidak merugikan hak dan kepentingan tertentu, kususnya orang yang dilayaninya dalam rangka profesinya. Prinsip ketiga adalah prinsip otonomi. Ini lebih merupakan prinsip yang dituntut oleh kalangan profesiaonal terhadap dunia luar agar mereka diberi kebebasan sepenuhnya menjalankan profesinya. Prinsip keempat, prinsip integritas moral. Berdasarkan hakikat ciri -ciri profesi, bahwa orang professional juga orang yang punya integritas pribadi atau moral yang tingg