Skip to main content

HOUSE JOURNAL

House Journal 






A.   Latar Belakang House Jurnal
House jurnal adalah salah satu bentuk media komunkasi public relation yang paling tua. Orang amerika menjadi pionir dalam pembuatan media ini. Ini merupakan majalah yang diterbitkan secara khusus untuk kalangan terbatas.

B.    Bentuk House Journal
1.  The sales of bulletin : sebuah bulletin sebagai media komunikasi regular antara seorang sales dan meneger dengan salesmennya di lapangan. Terbit secara mingguan.
2.  The newsletter : berisi pokok – pokok berita yang diperuntukan bagi pembaca yang sibuk.
3.  The magazine :berisi tulisan berbentuk feature, artikel dan gambar, foto, diterbitkan secara bulanan atau triwulan.
4.  The tabloid newspaper : mirip surat kabar popular dan berisi pokok berita yang penting, artikel pendek, dan ilustrasi. Diterbitkan mingguan, dwimingguan, bulanan, atau setiap dua bulan sekali.
5.  The wall newspaper : bentuk media komuniasi staf disuatu lokasi pabrik, perusahaan, atau pasar swalayan.

C.    Faktor yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatan House Journal 
1.     Readers
2.     Quantity
3.     Frequency
4.     Policy
5.     Title
6.     Proses percetakan
7.     Style
8.     Free issue or price
9.     Advertisement
10. Distribution

D.   Proposal Penerbitan House Journal
Proposal penerbitan media komunikasi house journal public relation suatu perusahaan mencangkup :
1.     PENDAHULUAN
2.     MEDIA KOMUNIKASI
3.     SEGMEN PEMBACA
4.     RUBRIKASI DAN PERIODISASI
5.     ANGGARAN BIAYA PENERBITAN
6.     STRUKTUR ORGANISASI PENERBITAN
7.     PENAWARAN PEMASANGAN IKLAN
8.     RENCANA KEGIATAN 



REFERENSI 

Soemirat,soleh dan Elvinaro Ardianto.2017.dasar-dasar public relation. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA 

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Soft News

SOFT NEWS Mengharumkan Pasar Kosambi dengan Aroma Kue Unik Khas Betawi  Kue ape merupakan jajanan khas dari Jakarta. Bentuknya menyerupai pancake, bahan dasarnya adalah tepung terigu dan jajanan ini juga lebih enak di makan saat masih hangat, digoreng di wajan mungil dengan warna hijaunya yang mencolok. Tidak disangka kue ini benar – benar di minati di kota bandung khususnya di daerah Jl. Jendral Ahmad Yani No.221-223, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat . Salah satu penjual Kue Ape adalah Bapak Adin yang setiap harinya berjualan di pasar Kosambi. Bapak Adin sudah bejualan di pasar kosambi selama 1 tahun lamanya dengan jam berjualan sekitar pukul 9 pagi sampai jam 5 sore dengan gerobak dorongnya. Dalam sehari beliau dapat mengumpulkan omset sebanyak 200 ribu. Notabennya Bapak Adin sendiri sebenarnya adalah orang Tasikmalaya, kemudian teman   yang asli dari Jakarta mengajari Beliau   dalam membuat Kue Ape ini. Dalam sehari Bapak Adin dapat mem

ETIKA PROFESI PUBLIC RELATION

Etika Profesi Public Relation 1.      Prinsip Etika Profesi Kerap ( 1998 ) mengatakan prinsip tanggung jawab adalah salah satu prinsip bagi kaum professional. Bahkan sedemikian pokoknya sehingga seakan tidak harus lagi dikatakan. Bertanggung jawab atas dampak profesinya itu terhadap kehidupan dan kehidupan orang lain, khususnya kepentingan orang – orang yang dilayannya. Prinsip kedua adalah prinsip keadilan. Prinsip ini terutama menuntut orang yang professional agar dalam menjalankan profesinya ia tidak merugikan hak dan kepentingan tertentu, kususnya orang yang dilayaninya dalam rangka profesinya. Prinsip ketiga adalah prinsip otonomi. Ini lebih merupakan prinsip yang dituntut oleh kalangan profesiaonal terhadap dunia luar agar mereka diberi kebebasan sepenuhnya menjalankan profesinya. Prinsip keempat, prinsip integritas moral. Berdasarkan hakikat ciri -ciri profesi, bahwa orang professional juga orang yang punya integritas pribadi atau moral yang tingg